Selasa, 22 Oktober 2013

organisasi dan manajeman


PENGERTIAN ORGANISASI dan MANAJEMEN

ORGANISASI
Organisasi merupakan suatu perkumpulan orang-orang yang disusun dalam berbagai kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama atu juga organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau pun lebih
berikut ini adalah pengertian ORGANISASI menurut para ilmuan ;

1.       Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang di bawah pengarahan manajer (pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama.

2.       Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3.       Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Berikut adalah definisi dari ORGANISASI yang dibagi menjadi dua ;
·         Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar, serta dengan hubungan kerja yang rasional.
·         Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak SD dan lain-lain.
Berikut ini adalah ciri-ciri dari ORGANISASI adalah ;
Ø  Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk Bekerja Sama
Ø  Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang
Ø  Jelas tugas kedudukannya masing-masing
Ø  Ada tujuan tertentu
Berikut ini yang mencakup unsure-unsur penting dalam sebuah organisasi :
v  Man
Man (orang-orang), dalam kehidupan suatu organisasi atau ketata lembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel,maksudnya tersebut adalah dibutuhkannya seorang pegawai-pegawai yang memiliki daya kembang yang luas

v  Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan sesuatu perbuatan yang sedang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.

v  Tujuan Bersama
Tujuan merupakan suatu arah atau sasaran yang ingin dicapai yaitu keberhasilan

v  Peralatan (Equipment)

v  Lingkungan (Environment)

v  Kekayaan Alam

MANAJEMEN
Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno menagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin manus yang berati “tangan”. Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa Perancis manege yang berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia.[1] Bahasa Prancis lalu memaknai kata ini dari bahasa Inggris menjadi menagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Jadi arti manajemen ialah Manajemen Suatu Proses rangkaian umtuk mencapai suatu tujuan dengan secara bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya.
Macam-macam manajemen di bagi menjadi 4 bagian yaitu ;
v  Manajemen Sumber Daya Manusia

Untuk mempreroleh SMD yang baik untuk menjadikan suatu bisnis yang baik dan maju.


v  Manajemen Operasional

Untuk menghasilkan produk dengan kekuatan/kemampuan para konsumennya

v  Manajemen Pemasaran

Untuk mengidentifikasi kebutuhan para konsuimen yang ingin digunakan para kehidupan seharinya

v  Manajemen Keuangan
Untuk mengetahui jumlah jumlah suatu pengeluaran terhadap produk yang dibuat,agar mendapatkan suatu laba dari produk tersebut yang dibuat




http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi

Kamis, 03 Oktober 2013


PRINSIP-PRINSIP KOPERASI dan PENGERTIAN KOPERASI

PENGERTIAN KOPERASI
Koperasi adalah suatu badan usaha/asosiasi yang dimana badan usahanya tersebut beranggotakan sekumpulan orang-orang dan memiliki tujuan yang.
Berdasarkan dari UU no 25 tahun 1992 koperasi adalah suatu bidang usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.
Di negara Indonesia sudah di buat UU no. 25 tahun 1992 tentang perkoperasian,dan prinsip-prinsip koperasinya menurut UU no. 25 tahun 1992 adalah sebagai berikut
Berdasarkan pengertian di atas, maka koperasi memiliki karakteristik sebagai berikut ;
1.       Merupakan suatu badan usaha yang dibenarkan untuk mencari keuntungan seperti pada badan usaha lainnya tetapi tidak menjadikannya sebagai tujuan utama umtuk mencari keuntungan atau laba
2.       Beranggotakan sekumpilan orang yang mengandung maksud bahwa anggota koperasi terdiri atas kumpulan orang-orang bukan kumpulan modal dari orang-orang kaya.
3.       Beranggotakan pada badan hukum koperasi,yang dapat diartikan bahwakoperasi yang sudah berdiri dan berbadan hukum dapat membentuk koperasi dengan tingkatan yang lebih besar/luas.
4.       Asas kekeluargaan, dalam arti bahwa  koperasi ingin mengedepankan kesetia kawanan dan kesadaran pribadian, sekaligus bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya yang pada khususnya dan masyarakat  yang pada umumnya.
5.       Pembagian SHU secara adil dengan hasil kerja yang anggotanya kerjakan

Di negara Indonesia sudah di buat UU no. 25 tahun 1992 tentang perkoperasian,dan prinsip-prinsip koperasinya menurut UU no. 25 tahun 1992 adalah sebagai berikut ;
1.       Keanggotaan koperasi bersifat sukarela dan terbuka.
2.       Pengelolaan koperasi dilakukan secara demokratis.
3.       Sisa hasil usaha yang merupakan keuntungan dari usaha yang dilakukan dibagi berdasarkan besarnya jasa masingmasing anggota.
4.       Modal diberi balas jasa secara terbatas.
5.       Koperasi bersifat mandiri.
  
http/.wikipedia.org